Minggu, 29 November 2015

IKUTI : LOMBA CIPTA LAGU DAERAH BARITO UTARA 2015



  1. Dalam rangka pelestarian kesenian dan kebudayaan lokal Barito Utara, Pemkab Barito Utara melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Utara mengadakan Lomba Cipta Lagu Barito Utara dengan tema yang mengandung unsur – unsur budaya serta kearifan lokal dan sosial kemasyarakatan (bukan bertema percintaan).
  2. Bahasa yang digunakan adalah bahasa : Bahasa Tewoyan/Taboyan dan Bahasa Bakumpai
  3. Peserta adalah umum. Yang dinilai adalah : Lirik, Keindahan Lagu dan Tema Lagu.
  4. Genre lagu adalah “POP", dan peserta diperkenankan mengaransemen lagu dengan alunan musik tradisional (etnis tetap dipertahankan). 
  5. Sembilan (9) Lagu terbaik akan dijadikan Khasanah Lagu Daerah Barito Utara dan mendapat hadiah dari panitia pelaksana kegiatan. 
  6. Peserta hanya mengirimkan hasil sound recording / demo mentah (durasi maskimal 5 menit). Demo dalam  bentuk MP3 atau WAV ke Dinas Budparpora Kab. Barito Utara paling lambat tanggal 10 Desember 2015. Penjurian tanggal 11 s.d 12 Desember 2015. Pengumuman tanggal 14 Desember 2015.
  7. Peserta wajib melampirkan biodata dan lirik lagu yang diartikan dalam bahasa Indonesia. 
  8. Iringan bebas (Gitar, Keyboard, Vocapella, DLL)
  9. Informasi lebih lanjut : Disbudparpora Barito Utara (0813-4808-1479)
Sebagai referensi, lagu daerah Barito Utara yang sudah eksis dan sering dijadikan lagu materi pelajaran atau sebagai lagu untuk perlombaan. Lagu - lagu daerah tersebut adalah lagu ciptaan asli Barito Utara. Antara lain :
  • Murik Mambua Ciptaan Mambo. Pernah dinyanyikan di Parade Lagu Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2009. Dan sering digunakan sebagai salah satu lagu pilihan pada lomba - lomba baik ditingkat provinsi atau kabupaten.
  • Balada Petak Danum Ciptaan Fahmi Fauzi, M.Dev dan Bitik Bahe DKK. Diciptakan pada tahun 2006. Lagu bertemakan alam dan hutan ini pernah menjadi juara pada Festival Pelajar Tingkat Provinsi tahun 2010. Dan pada tahun 2015, lagu ini dirilis ulang oleh TVRI Kalteng sebagai salah satu lagu daerah kebanggaan Kalimantan Tengah.
  • Iya Mulik Bengkang Turan Cipt Meliala Olo - Gunung Timang. Salah satu lagu bertema pembangunan. Lagu ini sekarang sering dibawakan pada Paduan Suara dan Lomba - Lomba Lagu Daerah.
  • Huma Betang Ciptaan Pristiwantoro. Diciptakan pada tahun 2011. Pernah mendapat juara 3 Vokal Group Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2013 sebagai lagu pilihan pada event Isen Mulang. Dan Juara 1 Putri pada Tahun 2015. Dan lagu ini menjadi lagu pilihan dan dibawakan oleh kontingen Kalimantan Tengah pada Lomba Lagu Nusantara "GITA PERMATA NUSANTARA" Tingkat Nasional di Sasono Langen Budoyo TMII Jakarta.
  • Si Juwei Ciptaan Pristiwantoro. Pernah menjadi lagu pilihan dan menjadi terbaik 3 pada Festival Lagu Daerah Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2012. Dan pada even Festival Pelajar Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2012.
  • Lets Go Kawal Ciptaan Mr. Itung B. Menjadi salah satu back song audio pada visual pembangunan Kabupaten Barito Utara. Lagu beat dengan teman sosial ini menjadi salh satu lagu kebanggaan anak anak komunitas pencinta alam dan pramuka.
  • Dan masih banyak lagi lagu - lagu Barito Utara yang sangat indah dan mencerminkan kearifan budaya lokal. 
 

1 komentar: